Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang memfasilitasi 120 pencari kerja (pencaker) dari Kabupaten Belu dan Kupang mengikuti tes Calon Fasilitator Desa Program Readsi NTT.
Program dari dana bantuan Ifad ini lebih fokus pada pemberdayaan ekonomi masyarakat desa. Para pancaker ini akan disaring menghasilkan 20 fasilitator yang tiap desa akan ditempatkan satu orang.
Disaksikan POS KUPANG.COM, Selasa (18/6/2019), para pencaker ini dibagi dalam dua bagian. Tahap pertama pencaker dari Belu diberikan kesempatan pertama mengikuti tes tertulis dan wawancara. Sementara pancaker dari Kabupaten Kupang diberikan kesempatan pada hari kedua. Para peserta sangat serius mengikuti tes tertulis diawasi petugas dari Kementrian Pertanian RI.
Salah satu peserta dari Belu, Wilhelmus Aton mengatakan, dirinya sangat salut dengan program dari Kementrian Pertanian ini. Program Readsi ini memang baru pertama diterapkan di NTT dan dirinya bersyukur dari kabupaten/kota yang ada hanya Belu dan Kabupaten Kupang yang dipercayakan.

“Saya memang punya pengalaman lapangan mendampingi warga di desa. Semoga dengan bekal pengalaman ini pada tes ini bisa berhasil. Semuanya saya serahkan pada Tuhan yang menentukan nasib dari proses ini,” kata Aton.(Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong)

Artikel ini telah tayang di pos-kupang.com dengan judul BBPP Kupang Fasilitasi Tes Calon Fasilitator Desa Program Readsi NTT, https://kupang.tribunnews.com/2019/06/18/bbpp-kupang-fasilitasi-tes-calon-fasilitator-desa-program-readsi-ntt.
Penulis: Edy Hayong
Editor: Rosalina Woso