Kupang – Viktor Bungtilu Laiskodat, S.H, Gubernur NTT berkunjung ke Desa Netemnanu utara Kecamatan Amfoang  yang merupakan salah satu wilayah program READSI dimana termasuk lumbung padi di Kabupaten Kupang dengan luas sawah sekitar 28  hektar.. Kunjungan ke desa merupakan bentuk perhatian ekstra pemerintah provinsi terhadap para petani di desa tersebut yang sedang melakukan penen raya atau pun yang sedang melakukan persiapan memasuki musin panen padi.

Didampingi Bupati Kupang, Ketua DPRD, kabupaten Kupang, serta staf ahli Gubernur. Viktor Bungtilu Laiskodat, S.H., M.Si menyampaikan kegiatan yangg dilakukan oleh Program READSI dan Dinas serta masyarakt sudah mendukung ketersediaan pangan masyarakat di wilayah ini, oleh karna itu perlu didukung oleh pemerintah baik Provinsi NTT dan Kabupaten Kupang.

Panen Raya pada 29/04/2020 dengan luas lahan 28 Ha Oleh kelompok tani Noepenoe berjenis   ciherang Dimana benih tersebut bantuan saprodi program READSI pada bulan januari tahun 2021 sebanyak 721,50 Kg.

Panen kali ini terjadi peningkatan yang terbilang fantastis dimana hasil panen sebelumnya sebesar 4,5 ton/Ha menjadi 6,4 ton/Ha. Ini semua tidak terlepas dari intervensi program READSI yang telah melakukan pelatihan seperti sekolah lapang hingga temu lapang.

Gubernur juga meminta para petani bahkan seluruh perangkat daerah memanfaatkan secara maksimal program READSI di semua lahan yang tersedia termasuk lahan pekarangan rumah untuk meningkatkan usaha pertanian. Di samping itu juga, pemerintah daerah dihimbau agar dapat lebih terfokus dalam perencanaan sehingga dapat berhasil di tengah terbatasnya anggaran daerah karena Covid-19. Irigasi yang baik perlu mendapat perhatian agar semua lahan yang berpotensi dapat memberi hasil yang maksimal.

Pak Gubernur langsung perintahkan Dinas PU Prov dan PU Kab agar segera perbaiki saluran yang rusak untuk mendukung ketersediaan air dan untuk Bupati Kupang dan Dinas PU dan Pertanian Kabupaten Kupang agar dapat berkoordinasi dengan dinas Provinsi supaya mempercepat semua proses yang dapat menunjang kegiatan petani dan masyarakat.