TOMINI-Pada hari Sabtu, 20 Maret 2021 bertempat di Desa Biga Kec. Tomini Kab. Parigi Moutong Sulawesi Tengah, telah dilaksanakan Peluncuran / Peresmian inovasi “Warung Sayur Sehat” Yang diprakarsai oleh Fasilitator Desa Biga, Wardiansyah, S. Pd, bekerja sama dengan Anggota KWT Mawar sebagai wujud kegiatan pemberdayaan kelompok dalam hal peningkatan perekonomian kelompok. Adapun hal yang mendasari kegiatan ini adalah berasal dari keluh kesah yang ada dikalangan anggota kelompok terkait hasil panen sayuran di pekarangan masing-masing yang dinilai sudah melebihi kebutuhan gizi keluarga. Oleh sebab itu, mereka berusaha mencari solusi terbaik dengan jalan memasarkan hasil pekarangannya. Sehubungan dengan hal tersebut, maka Fasilitator mencoba melakukan terobosan baru bersama dengan Anggota KWT Mawar Program READSI, meluncurkan inovasi Warung Sayur Sehat tersebut.

Kegiatan ini turut dihadiri beberapa pihak terkait yakni Pemerintah Kecamatan, Imran, SP, KUPTD Pertanian Kec. Tomini, Roni Alexander, SP, Perwakilan Puskesmas Tomini, Suparman, SKM, PPL Biga, Ririn Pratiwi, SP, dan FD Tomini Utara Rusli, serta beberapa perwakilan dari KWT Embun Pagi desa Biga.

Pemerintah Kecamatan Tomini dalam hal ini diwakili Sekretaris Kecamatan, berkesempatan memberikan sambutan sekaligus meresmikan peluncuran perdana Warung Sayur Sehat yang dimaksud. Di sela-sela sambutannya, beliau sangat mengapresiasi terobosan yang menurutnya sangat spektakuler ini. Betapa tidak, Program READSI telah memberikan warna baru di Kecamatan Tomini, khususnya desa Biga. Kedepan, Biga pasti akan menjadi rujukan untuk desa-desa yang lain yang ada di Kecamatan Tomini, bahkan ditingkat Kabupaten, pungkasnya.

Sementara itu, diwaktu yang bersamaan Kepala UPTD Pertanian Kec. Tomini, Roni Alexander, S.P menambahkan agar inovasi ini harus terus berlanjut, beliau juga menuturkan, ini kegiatan kecil, tapi gaungnya berskala nasional, ini merupakan terobosan yang luar biasa dan harus ditingkatkan dengan menggandeng pihak-pihak terkait. Olehnya itu, Penyuluh Pertanian harus lebih maksimal dalam melaksanakan tugasnya.

Di satu sisi, Suparman, SKM juga menuturkan bahwa kegiatan program pemanfaatan pekarangan dengan menanam sayur dan tanaman obat-obatan sejalan dengan program yang terus digalakkan oleh Pihak Puskesmas Tomini yang dengan gencarnya mengkampanyekan hidup sehat dengan memenuhi kebutuhan gizi keluarga serta dalam rangka pencegahan stunting, beliau juga menambahkan agar Ibu-ibu jangan hanya menghiasai pekarangannya dengan bunga, namun harus menghiasinya juga dengan sayuran dan tanaman lain yang lebih bermanfaat untuk kebutuhan gizi keluarga.

Sementara itu ditempat yang sama, Ebit Camarung, S. Sos menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa serta pihak terkait lainnya, terutama anggota kelompok, dan berjanji akan melaporkan kegiatan ini ke DPMO dan NPMO sebagai bentuk capaian yang luar biasa, yang dilakukan oleh KWT Mawar. Beliau juga berharap agar Anggota Kelompok tetap solid agar kedepannya taraf perekonomiannya bisa meningkat, tutupnya.

Sumber :   BicaraNews