Kolaka – Kelompok tani binaan sasaran program READSI komoditi padi sawah yang terdiri dari poktan Samaenre I, Samaenre II, Setia kawan I dan Setia Kawan II   Mulai Memanen hasil olah tanamnya dengan luas lahan 142 Ha di Desa Kaloloa Kecamatan samaturu, kab. Kolaka, Jumat 26 Februari 2021.

Panen Musim ini di dampingi langsung  oleh kepala BPP Samaturu ( Kanude SP), Penyuluh (Luther Mangnga), Fasilitator Desa ( Rusli. M SH) dan kelompok tani. Adanya peningkatan produksi yang signifikan pada  musim tanam ini berkisar 7 – 8 ton/Ha dari yang sebelumnya 4 – 5 ton/Ha. Keberhasilan ini tidak lain hasil dari adaptasi Sekolah Lapang dan pendampingan Fasilitator Desa serta Penyuluh pada  program READSI.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, Dedi Nursyamsi mengingatkan dalam masa seperti ini, pertanian tidak boleh berhenti. Dedi juga menyampaikan di setiap kesempatan bahwa Pemerintah Pusat akan mendukung penuh aktivitas yang dilakukan dalam rangka menjaga Ketahanan Pangan Nasional.

“Pertanian harus tetap berjalan, petani harus tetap terus turun ke lapangan, dan patuhi protokol pencegahan Covid-19. Pertanian tidak boleh berhenti, karena sektor pertanian berkewajiban menyediakan bahan pangan bagi seluruh penduduk Indonesia”, tegas Dedi.

Dimana di tahun 2020 di adakannya pengadaan bantuan saprodi yang diterima lansung oleh kelompok tani sebagai penyegaran untuk petani agar lebih semangat lagi dalam mengolah lahan dan mengurangi beban biaya petani dalam pembiayaan olah lahan tanamnya.

Petani Desa Kaloloa (Syahril) Menjelaskan bahwa Keberhasilan Dari Petani desa kaloloa tidak luput dari dukungan Program READSI yang telah memberikan bantuan kepada petani dan memberikan motivasi dalam pengolahan lahan usaha taninya

Fasilitator Desa berharap pendampingan yang selama ini dilakukan ke kelompok tani dapat bermanfaat secara maksimal serta terus membantu para petani agar lebih produktif, dimana  pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung. Sementara itu Kepala BPP, penyuluh, FD dan kelompok tani desa Kaloloa menyampaikan ucapan terimah kasih kepada pihak-pihak yang terlibat dalam program READSI.