Plt Bupati Luwu Utara Muhammad Iqbal Suaeb menyambut baik dan mengapresiasi digelarnya panen perdana penangkar padi sawah Program READSI Kelompok Mekar, Desa Kalotok Kecamatan Sabbang Selatan Kababupaten Luwu Utara. Dalam sambutannya Plt Bupati menyampaikan kegiatan seperti Program READSI ini sangat membantu para kelompok tani terutama dalam hal Saprodi sekaligus penyerahan bantuan saprodi secara simbolik.

“Kami selaku Pemerintah Kabupaten Luwu Utara mengapresiasi dan mengucapkan banyak terima kasih dengan adanya Program READSI, Provinsi sampai Pusat, Pemerintah kabupaten siap mensupport kegiatan ini sampai selesai program.”

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas DKP Ir. Alauddin Sukri, M.Si selaku penanggung jawab Program READSI  Kabupaten Luwu Utara menegaskan kepada kelompok tani bahwa dalam bantuan saprodi ini betul-betul diperuntukan sesuai dengan kebutuhan Petani jangan ada penyalahgunaan dalam bantuan saprodi, sehinga target dan capaian petani betul-betul terlaksana, khusus hari ini panen penangkar benih target capaian oleh Petani penangkar benih dalam per hektarnya mencapai ± 8,9 ton itu merupakan capaian luar biasa sampai saat ini di Luwu Utara, mudah-mudahan kedepannya dapat meningkat lagi atau paling tidak tetap dipertahankan.

Ketua Kelompok Tani Mekar Bapak Harjo Syamsu Purno mengatakan bahwa dengan adanya Program READSI ini kami selaku Petani sangat terbantu baik dari segi saprodi maupun ilmu dalam sekolah lapang. tidak kalah pentingnya dalam kurung waktu 2 tahun ini pendapatan kelompok tani Mekar mengalami perubahan dan kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Program READSI.

Tantangan yang dihadapi penangkar saat ini keterbatasan jumlah yang hanya terdiri dari 5 Petani dengan jumlah luas sawah 5 hektare sementara harga gabah penangkar masih relatif rendah Rp.4.800 per kilonya, masih sangat rendah dibandingkan dengan perlakuannya mulai sejak tanam sampai masa panen. Harapan kedepannya program READSI bisa memberikan solusi terkait dengan Petani penangkar untuk memfasilitasi dengan pembeli supaya dalam harga bisa sesuai.

Sesuai dengan arahan Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Ir. Bustanul Arifin Caya, M.D.M selaku Direktur READSI yang berpesan agar seluruh tim dapat menjaga kesehatan diri dan keluarga dengan selalu mematuhi Protokol Covid-19. “jangan lupa mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat menambah daya tahan tubuh, kalau kita sehat maka kita dapat berkontribusi lebih di bidang pertanian di tengah pandemi Covid-19 saat ini”, tegas Bustanul.