Kupang – Hama dan penyakit Tanaman membuat pertumbuhan dan perkembangan tanaman tidak maksimal. Biasanya penyebab suatu tanaman tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal disebabkan karena penyakit yang menyerang serta hama pengganggu.

Ada berbagai macam hama dan penyakit tanaman yang menjadi momok bagi para petani atau peladang. Akibatnya, mereka mengalami kerugian besar karena masalah hama dan penyakit tanaman yang menyerang perkebunan atau pertanian mereka.

Hama dan penyakit tanaman perlu diketahui agar bisa diatasi. Apalagi dalam budidaya berbagai tanaman, kadang hama dan penyakit menjadi hal yang biasa terjadi. Namun, kamu bisa mengendalikannya agar tetap mendapatkan hasil yang baik.

Meskipun dalam kondisi pandemi Corona virus disease (Covid) 19, pihak Dinas  UPTD proteksi Dinas Pertanian dan Ketahanan Provinsi NTT  tetap berupaya mengawal pertanaman padi petani. Salah satu daerah  kunjungan tim PPOT adalah kelompok Lahan Poktan Tunas Baru binanan program READSI yang berada di desa Enoraen. Kec. Amarasi Timur.

Dimana Petugas Pengendalian Organisme Tumbuhan didampingi Tim Petrokimia sekailgus sosialisasi produknya Motaf  bersama anggota kelompok tani melakukan pengendalian hama wereng pada titik-titk yang terkena hama pada tanaman padi.

Tim pengendalian telah melakukan pengamatan di titik yang terdampak hama Wereng karena sebagian umur tanaman padi siap panen sedangkan yang belum terkena harus dilakukan pencegahan dini agar hamanya tidak merambat ke tanaman lain. UPTD proteksi Dinas Pertanian dan Ketahanan Propinsi juga memberikan bantuan pestisida MONTAF untuk tindak lanjut atas pengendalian hama.

Disebutkan  Bapak  Jahya F.Maumeta sebagai penyuluh Desa Enoran hama wereng  sangat berbahaya untuk tanaman padi, sedangkan Penyuluh menyarankan agar anggota poktan yang mengalami serangan hama wereng dapat mengikuti apa yang telah diarahkan oleh tim PPOT.

Fasiltator Desa enoran Ibu Santy dan kelompok Tunas baru sangat senang dan bersyukur atas perhatian Dinas provinsi yang memberikan bantuan Pestisida Montaf untuk kelompok tani sehingga dapat membantu mengurangi hama wereng.