Sanggau (Suara Kalbar)-Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Sanggau menggelar Workshop Start Up Program Rural Empowerment and Agriculture Development Scalling Up Intiative (READ-SI) Tingkat Kabupaten tahun anggaran 2019 di aula kantor Bupati Sanggau, Senin (29/7).

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala DKPTPHPSanggau , John Hendri serta sejumlah pimpinan OPD dan penyulu pertanian. Hadir juga manager program READ-SI, Wahyu Rahmana dan Deputi program READ-SI dari Badan Penyuluhan Pertanian Kementan RI, Irma Kurnia.

Bupati Sanggau Paolus Hadi mengatakan, program READ-SI merupakan salah satu dari program kementrian pertanian untuk mendukung terwujudnya Visi Pembangunan Pertanian yakni tercapainya kedaulatan pangan dan meningkatklan kesejahteraan petani.

“Oleh karena itu Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan harus menanggapi secara cepat,dan segera berkoordinasi dengan Camat dan kepala desa untuk di sosialisasikan program READSI kepada masyarakat,”tegasnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada kepala pusat penyuluhan pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia serta READ-SI pusat dan tim READ-SI Provinsi Kalimantan Barat yang bersedia hadir pada pertemuan itu.

Dikatakannya,untuk meningkatkan pengetahuan keterampilan dan sikap petani ke arah yang lebih baik bukanlah suatu hal yang mudah sehingga diperlukan usaha yang sungguh-sungguh serta strategi untuk metode yang tepat yang menjadi penentu keberhasilan sehingga sangat diperlukan koordinasi dan sinkronisasi

“Karena kegiatan ini dimulai dari tingkat desa Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan sampai ke tingkat Pusat bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga Tani miskin,”katanya.

Selanjutnya, meningkatkan pengetahuan keterampilan dan sikap petani ke arah yang lebih baik bukanlah suatu hal yang mudah sehingga diperlukan usaha yang sungguh-sungguh serta strategi untuk metode yang tepat yang menjadi penentu keberhasilan sehingga sangat diperlukan koordinasi dan sinkronisasi.

Pelaksanaan Program READ-SI di Kabupaten Sanggau dilaksanakan di 3 Kecamatan perbatasan yaitu Kecamatan Entikong, Sekayam dan Beduai, sejalan dengan misi Pemerintah Kabupaten Sanggau nomor 7 yaitu pengembangan ketahanan pangan keluarga melalui diversifikasi usaha pertanian perkebunan dan peternakan yang berbasis rumah.

 

Sumber: Suara Kalbar, 30 Juli 2019